Langsung ke konten utama

Piala Sudirman XV - 2017

PIALA SUDIRMAN XV - 2017

Regu bulutangkis Korea Selatan sukses menjadi juara Piala Sudirman 2017. Mereka mengalahkan regu bulutangkis China dengan skor 3-2 di partai final. Dalam final yang digelar di Carrara Inbdoor Stadium, Gold Coast, Australia pada hari Minggu tanggal 28 Mei 2017. 

Juara Piala Sudirman 2017

Pertandingan Babak Final

Hasil pertandingan babak final piala Sudirman ke-15 tahun 2017, diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2017, di Pusat Olahraga dan Rekreasi Carrara di Gold Coast, Queensland, Australia. Regu bulutang
kis  Korea Selatan berhadapan dengan regu bulutangkis China, dengan skor akhir : 3 - 2.

Pertandingan game pertama 
Bendera Korea Selatan Choi Sol-gyu / Seo Seung-jae ganda putra Korea Selatan, berhadapan dengan  Fu Haifeng / Zhang Nan ganda putra China. Choi/Seo kalah setelah bertanding straight set langsung kontra Fu/Zhang, dengan poin 14-21 dan 15-21. Skor : Korea Selatan - China, skor 0 - 1.

Pertandingan game kedua
Bendera Korea Selatan Sung Ji-hyun tunggal putri Korea Selatan, berhadapan dengan  He Bingjiao tunggal putri China. Sung menang setelah bertanding straight set  langsung kontra He, dengan poin 21-12 dan 21-16. Skor : Korea Selatan China, skor 1 - 1.

Pertandingan game ketiga
Bendera Korea Selatan Jeon Hyeok-jin  tunggal putra Korea Selatan, berhadapan dengan   Chen Long tunggal putra China. Jeon menang setelah bertanding straight set kontra Chen,  dengan poin 10-21 dan 10-21Skor : Korea Selatan - China, skor 1 - 2.

Pertandingan game keempat
Bendera Korea Selatan Chang Ye-na / Lee So-hee ganda putri Korea Selatan, berhadapan dengan  Chen Qingchen / Jia Yifan ganda putra China. Chang/Lee menang setelah bertanding straight set langsung kontra Chen/Jia, dengan poin 21-19 dan 21-13. Skor : Korea Selatan - China, skor 2 - 2.

Pertandingan game kelima 
Bendera Korea Selatan Choi Sol-gyu / Chae Yoo-jung ganda campuran Korea Selatan, berhadapan dengan  Lu Kai / Huang Yaqiong ganda campuran China. Choi/Chae menang setelah bertanding straight set langsung kontra Lu/Huang, dengan poin 21-17 dan 21-13. Skor : Korea Selatan - China, skor 3 - 2.

Kilas Balik

Tiongkok menjadi negara tersukses pada kejuaraan beregu campuran atau piala Sudirman, dengan raihan 10 gelar juara yang diraih masing-masing pada tahun 1995, 1997, 1999, 2001, 2005, 2007, 2009, 2011, 2013 dan 2015.  Korea Selatan menjadi negara raihan 4 juara pada tahun 1991, 1993, 2003 dan 2017.

Meskipun turnamen tersebut mengambil nama dari salah satu mantan pemain badminton Indonesia, tetapi Indonesia sendiri tidak memiliki sejarah yang bagus di dalamnya. Sejak diadakan pada tahun 1989 silam, Indonesia hanya mampu meraih sekali gelar juara. 

Pertandingan Babak Semifinal

Hasil pertandingan babak semifinal piala Sudirman ke-15 tahun 2017, diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2017, di Pusat Olahraga dan Rekreasi Carrara di Gold Coast, Queensland, Australia. Regu bulutangkis  Korea Selatan berhadapan dengan regu bulutangkis  Thailand, dengan skor akhir : 3 - 1.

Pertandingan game pertama 
Bendera Korea Selatan Choi Sol-gyu / Chae Yoo-jung ganda campuran Korea Selatan, berhadapan dengan  Dechapol Puavaranukroh / Sapsiree Taerattanachai  ganda campuran Thailand. Choi/Chae menang setelah bertanding straight set langsung kontra Dechapol/Sapsiree, dengan poin 16-21 dan 12-21Skor : Korea Selatan - Thailand, skor 1 - 0.

Pertandingan game kedua
Bendera Korea Selatan Son Wan-ho  tunggal putra Korea Selatan, berhadapan dengan   Suppanyu Avihingsanon tunggal putra Thailand. Son menang setelah bertanding rubber set kontra Suppanyu,  dengan poin 18-21, 21-10 dan 21-17. Skor : Korea Selatan - Thailand, skor 1 - 1.

Pertandingan game ketiga
Bendera Korea Selatan Choi Sol-gyuSeo Seung-jae ganda putra Korea Selatan, berhadapan dengan Bodin Issara / Dechapol Puavaranukroh ganda putra Thailand. Choi/Seo menang setelah bertanding straight set langsung kontra Bodin/Dechapol, dengan poin 21-13dan 21-16. Skor : Korea Selatan - Thailand, skor 2 - 1.

Pertandingan game keempat
Bendera Korea Selatan Sung Ji-hyun tunggal putri Korea Selatan, berhadapan dengan  Ratchanok Intanon tunggal putri Thailand. Sung menang setelah bertanding straight set  langsung kontra He, dengan poin 21-13 dan 21-17. Skor : Korea Selatan Thailand, skor 3 - 1.

Pertandingan tidak berlangsung

---Amarlubai---

Hasil pertandingan babak semifinal piala Sudirman ke-15 tahun 2017, diselenggarakan pada tanggal 27 Mei 2017, di Pusat Olahraga dan Rekreasi Carrara di Gold Coast, Queensland, Australia. Regu bulutangkis  China berhadapan dengan regu bulutangkkis   Jepang, dengan skor akhir : 3 - 2.

Pertandingan game pertama 
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Zheng Siwei / Chen Qingchen ganda campuran China, berhadapan dengan Bendera Jepang Yuta Watanabe / Arisa Higashino ganda campuran Jepang. Zheng/Chen kalah setelah bertanding rubber set kontra Yuta/Arisa, dengan poin 12-21, 21-14 dan 19-21Skor : China - Jepang, skor 0 - 1.

Pertandingan game kedua
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Lin Dan  tunggal putra China, berhadapan dengan  Bendera Jepang Kenta Nishimoto tunggal putra Jepang. Lin menang setelah bertanding straight set kontra Kenta,  dengan poin 21-19 dan 21-16. 
 Skor : China - Jepang, skor 1 - 1.

Pertandingan game ketiga
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Li Junhui / Liu Yuchen ganda putra China, berhadapan dengan Bendera Jepang Takeshi Kamura / Keigo Sonoda ganda putra Jepang. Li/Liu kalah setelah bertanding straight set langsung kontra Takeshi/Keigo, dengan poin 23-21, 21-16.  Skor : China - Jepang, skor 2- 1.

Pertandingan game keempat
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Sun Yu tunggal putri China, berhadapan dengan Bendera Jepang Akane Yamaguchi tunggal putri Jepang. Sun kalah setelah bertanding straight set  langsung kontra Akane, dengan poin 17-21 dan 15-21 Skor : China - Jepang, skor 2- 2.

Pertandingan game kelima
Bendera Republik Rakyat Tiongkok Chen Qingchen / Jia Yifan ganda putri China, berhadapan dengan Bendera Jepang Misaki Matsutomo / Ayaka Takahashi ganda putra Jepang. Chen/Jia menang setelah bertanding straight set langsung kontra Misaki/Ayaka, dengan poin 21-12 dan 21-19.  Skor : China - Jepang, skor 3 - 2.

Kesuksesan dapat diraih dengan; bekerja keras, keberuntungan, dan kesempatan. Perpaduan dari daya juang, semangat dan fight regu bulutangkis.

Perjalanan regu Indonesia 

Regu bulutangkis Indonesia tersingkir dari Piala Sudirman 2017 setelah pasangan ganda putrinya, Greysia Polii/Apriyani, dikalahkan Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen Denmark. Pada pertandingan yang digelar di Gold Coast Sports & Leisure Centre, hari Rabu tanggal 24 Mei 2017, Greysia/Apriyani kalah rubber game, 18-21, 21-13, 13-21. Secara keseluruhan, Indonesia menang 3-2 atas Denmark. Poin mereka di grup 1D juga setara dengan Denmark dan India. Namun, hasil itu tak cukup bagi tim Garuda untuk lolos ke perempat final karena jumlah kemenangan gim mereka paling rendah di Grup 1D. Denmark dinyatakan lolos ke perempat final Piala Sudirman 2017 sebagai juara grup, sedangkan India menduduki posisi runner-up. 

Greysia/Apriyani sempat memberikan perlawanan sengit terhadap Juhl/Pedersen pada laga gim pertama. Meski demikian, performa yang ditampilkan Greysia/Apriyani masih bisa dibendung oleh Juhl/Pedersen, pasangan nomor dua dunia. Juhl/Pedersen berhasil mengantisipasi berbagai upaya dari pasangan Indonesia dan menyudahi gim pertama dengan kemenangan. Kemenangan pada gim pertama sudah cukup bagi Denmark untuk lolos ke perempat final, sekaligus menyingkirkan Indonesia dari Piala Sudirman 2017. 

Mengacu kepada jumlah kemenangan gim di antara dua negara, Greysia/Apriyani memang wajib mengalahkan Juhl/Pedersen dua gim langsung untuk lolos ke perempat final. Pada gim kedua, permainan Greysia/Apriyani meningkat signifikan. Sejak awal hingga akhir, mereka selalu unggul atas lawannya. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke gim ketiga. Pada sesi ini, Juhl/Pedersen kembali menancapkan dominasinya. Pasangan nomor dua dunia itu tampil lebih sigap. Berkali-kali pukulan smes yang dilancarkan Apriyani berhasil dibendung Juhl/Pedersen.  Pertandingan ini akhirnya dimenangi Juhl/Pedersen dalam waktu 69 menit.

Indonesia untuk pertama kalinya gagal melaju ke perempat final piala Sudirman. Di Carrara Indoor Stadium, tim merah putih harus terlebih dahulu kalah 1-4 dari India di laga pertama Grup 1D pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2017. Sementara itu, di laga kedua yang digelar hari Rabu tanggal 24 Mei 2017 kemarin, Indonesia berhasil mengatasi Denmark yang datang sebagai unggulan dua itu dengan 3-2. Kemenangan ini belum cukup untuk membawa tim merah putih ke perempat final setelah harus menjadi juru kunci di klasemen akhir.

Pemain putra regu bulutangkis Indonesia: 
  • Jonatan Christie
  • Anthony Sinisuka Ginting
  • Kevin Sanjaya Sukamuljo
  • Marcus Fernaldi Gideon
  • Ricky Karanda Suwardi
  • Angga Pratama
  • Mohammad Ahsan
  • Rian Agung Saputro
  • Tontowi Ahmad
  • Praveen Jordan
Pemain putri regu bulutangkis Indonesia: 
  • Fitriani
  • Dinar Dyah Ayustine
  • Gregoria Mariska Tunjung
  • Greysia Polii
  • Della Destiara Haris
  • Rosyita Eka Putri Sari
  • Anggia Shitta Awanda
  • Apriani Rahayu
  • Debby Susanto
  • Gloria Emanuelle Widjaja
Pelatih teknik regu bulutangkis Indonesia: 
  • Hendry Saputra
  • Minarti Timur
  • Herry Iman Pierngadi
  • Eng Hian
  • Richard Mainaky 
Pelatih fisik regu bulutangkis Indonesia: 
  • Felix Ary Bayu Marta
  • Ary Subarkah 

Peringkat piala Sudirman 2017

South Korea
China
Japan
Thailand
Denmark
China Taipei
Malaysia
India
Indonesia
Hong Kong
Russia
Jerman
Vietnam
Singapura
Australia
Canada
Skotlandia
Amerika Serikat
Selandia Baru
Austria
Sri Lanka
Macau
Slovakia
Kaledonia Baru
Fiji
Guam
Tahiti
sumber tulisan :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Pengantar

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama Sudirman diambil dari nama tokoh perbulu tangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman , salah satu pendiri PBSI dan dikenal juga sebagai bapak bulu tangkis Indonesia . Piala Sudirman tidak memperebutkan hadiah uang . Para pemain bertanding hanya untuk membela nama negara dan memperoleh poin peringkat BWF . Piala Sudirman yang mempunyai tinggi 80 cm dirancang oleh Rusnadi dari Fakultas Seni Rupa ITB dan terdiri dari lima bagian. Tutup piala berbentuk Candi Borobudur yang merupakan salah satu monumen bersejarah ya

Juara Piala Sudirman

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.  1989 tuan rumah -  Jakarta , Indonesia   Indonesia     Korea Selatan   Tiongkok   Denmark 1991tuan rumah -  Kopenhagen , Denmark     Korea Selatan     Indonesia   Denmark   Tiongkok 1993 tuan rumah -  Birmingham , Inggris   Korea Selatan     Indonesia   Tiongkok   Denmark 1995 tuan rumah -  Lausanne , Swiss   Tiongkok     Indonesia   Korea Selatan   Denmark 1997 tuan rumah -  Glasgow , Skotlandia   Tiongkok     Korea Selatan   Denmark   Indonesia 1999 tuan rumah -  Kopenhagen , Denmark   Tiongkok     Denmark   Indonesia     Korea Selatan 2001 tuan rumah -  Sevilla , Spanyol   Tiongkok     Indonesia   Denmark     Korea Selatan 2003 tuan rumah -  Eindhoven , Belanda     Korea Selatan   Tiongkok   Indonesia   Denmark 2005 tuan rumah -  Beijing , Tiongkok   Tiongkok     Indonesia   Korea S

Piala Sudirman XIV - 2015

PIALA SUDIRMAN XIV - 2015 Piala Sudirman 2015 adalah turnamen keempat belas Piala Sudirman . Turnamen ini diadakan di Dongguan , China . Dongguan adalah satu-satunya kota yang mengajukan tawaran untuk Piala Sudirman 2015. Badminton World Federation memberikan penghargaan kepada Dongguan untuk mengadakan acara di BWF Council Meeting di Athena, Yunani.  Babak kualifikasi untuk regu yang bersaing di turnamen dirilis pada tanggal 5 Maret 2015. Itu didasarkan pada poin agregat dari pemain terbaik di peringkat dunia. Turnamen dibagi menjadi empat kelompok, dengan dua belas tim di grup elit bersaing untuk merebut gelar. Delapan tim diunggulkan ke dalam kelompok kedua dan ketiga dan tujuh tim diunggulkan ke dalam kelompok keempat. Undian diadakan pada 16 Maret 2015.  Juara Piala Sudirman 2015 China Pertandingan Babak Final Babak akhir atau final piala Sudirman ke-14 tahun 2015, diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2015, di  Dongfeng Nissan Sports Center, China. Regu bulutangkis    Chin